Friday, April 20, 2018

Daya Aktif, rektif, Semu

      A. Daya
Daya Didefinisikan sebagai energi yang dikeluarkan untuk melakukan usaha. Dalam sistem tenaga listrik, daya merupakan jumlah energi yang digunakan untuk melaakukan kerja atau usaha, seperti panas, cahaya, mekanik, suara. Daya listrik biasanya dinyatakan dalam satuan Watt atau Horsepower ( HP), Horsepower merupakan satuan daya listrik dimana I HP setara 746 Watt atau lbft/second. Sedangkan watt merupakan unit daya listrik dimana 1 Watt memiliki daya setara dengan daya yang dihasilkan oleh perkalian arus 1 Ampere dan tegangan 1 Volt.
B.    Daya Aktif
Daya aktif (Active Power) adalah daya yang dipakai untuk melakukan energi sebenarnya. Satuan daya aktif adalah Watt. Misalnya energi panas, cahaya, mekanik dan lain – lain. Daya aktif dapat dihitung dengan menggunakan persamaan di bawah ini.
P = V . I cos φ                                                
Keterangan :
P        = Daya (W)
V       = Tegangan (V)
I         = Arus (A)
Cos φ = Faktor Daya


C.     Daya Reaktif
Daya reaktif (Reactive Power) adalah jumlah daya yang diperlukan untuk pembentukan medan magnet. Dari pembentukan medan magnet maka akan terbentuk fluks medan magnet. Contoh daya yang menimbulkan daya reaktif adalah transformator, motor, lampu TL dan lain – lain. Satuan daya reaktif adalah VAr. Daya reaktif dapat dihitung dengan menggunakan persamaan di bawah ini.                                              
                                             
                                                 Q = V . I sin φ                                   
D.    Daya Semu
Daya semu (Apparent Power) merupakan daya listrik yang melalui suatu pernghantar transmisi atau distribusi. Daya ini merupakan hasil perkalian antara tegangan rms dan arus rms dalam suatu jaringan listrik atau daya yang merupakan hasil penjuamlahan trigonometri antara daya aktif dan daya reaktif. Satuan daya semu adalah VA (Volt Ampere). Daya semu dapat dihitung dengan persamaan di bawah ini. 

                                                              S = V . I                                                 
dimana :
V = tegangan antar phase dari sistem, satuan volt
 I =  arus listrik beban, satuan ampere
S =  daya buta , satuan volt ampere.

No comments:

Post a Comment